Penjelasan :

Beredar pesan berantai di media WhatsApp berisi informasi yang menyebut teh panas yang dicampur lemon ampuh mengobati virus Covid-19. Resep itu diklaim berasal dari Palestina disertai narasi yang menyebut semua orang di Palestina minum segelas air panas dengan campuran lemon di malam hari karena telah terbukti membunuh virus.

Dilansir dari Liputan6.com, Ketua Umum Ikatan Dokter Indonesia (IDI), dr Daeng M Faqih mengatakan bahwa mengkonsumsi lemon dan teh panas dapat menyembuhkan virus corona Covid-19 belum terbukti. Selanjutnya klaim serupa ternyata juga menyebar di negara lain. Bedanya, bukan Palestina yang disebut melainkan Israel. Dalam artikel berjudul, Lemon Juice Tea Does Not Cure COVID-19 in Israel, or Anywhere Else yang dimuat factcheck.org disebutkan, klaim bahwa campuran teh, lemon, dan sodium bicarbonate bisa menyembuhkan Covid-19 dan mencegah kematian akibat wabah tersebut adalah salah. Sementara terkait data Covid-19 dunia terkini, pada 18 April 2020 diketahui data Covid-19 di Palestina mencapai 402 kasus Positif dan 2 Meninggal.

KATEGORI: DISINFORMASI

Link Counter:

https://www.liputan6.com/cek-fakta/read/4224447/cek-fakta-hoaks-resep-lemon-dan-teh-panas-untuk-sembuhkan-covid-19-dari-palestina

https://www.worldometers.info/coronavirus/country/state-of-palestine/

Sumber : Kementrian Kominfo Informatika dan Persandian

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here