google.com, pub-4593609181227091, DIRECT, f08c47fec0942fa0

Gayo Lues. Mediacenter – Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Gayo Lues yang ke 18, Pemerintah Kabupaten Gayo Lues melalui Dinas Pariwisata berkerjasama dengan Pordasi menggelar lomba pacuan kuda tradisional selama 2 hari dimulai sejak hari ini, Sabtu 14 Maret sampai dengan Minggu 15 Maret 2020.

Pada kegiatan tersebut langsung dibuka oleh Wakil Bupati Gayo Lues, H Said Sani, di Tribun Stadion Buntul Nege, Blangsere, Sabtu (14/03/2020).

Dalam sambutannya, Wabup menyebutkan, pacuan kuda pada Dirgahayu Kabupaten Gayo Lues baru pertama kali dilakukan, untuk itu kepada seluruh element yang terlibat agar menjalankan kegiatan tersebut supaya menjaga kekompakan.

“Baru kali ini kita menyelenggarakan pacuan kuda tradisional gayo dalam satu tahun 2 kali, dan insyaallah kedepannya akan terus kita laksanakan,” katanya.

Khusus untuk Dirgahayu Gayo Lues pada tahun-tahun berikutnya, sebut Said Sani, diharapkan lebih memprioritas kuda lokal untuk diikut sertakan dalam pacuan kuda, sebab, pacuan kuda diselenggarakan untuk hiburan rakyat.

“Perlu kita sadari pacuan kuda ini adalah suatu kebanggaan bagi sesepuh atau datu kita jika kita teruskan, sebab merekalah yang memulai adanya event pacuan kuda seperti ini, untuk itu wajib kita lestarikan,” tegasnya.

Sementara, Kepala Dinas Pariwisata Gayo Lues, Zainal Abidin menyampaikan, kuda yang ikut berpacu pada event ini hanya 89 ekor kuda terdiri dari 12 kelas dan hanya melibatkan Kabupaten Aceh Tenggara.

Untuk hari ini, sebanyak 16 race dari 68 ekor kuda ikut berpacu untuk memperebutkan posisi terbaik supaya bisa melangkah ke babak final besok, dan selebihnya sekira 21 ekor kuda lagi hanya menunggu di babak final.

Kadis berharap, kepada seluruh masyarakat Kabupaten Gayo Lues untuk hadir menyaksikan babak final pada perlombaan pacuan kuda besok di Stadion Buntul Nege Blangsere besok, sebab pacuan kuda kali ini hanya digelar selama 2 hari saja.

Kontributor : Putera

Humas Sekdakab Gayo Lues

google.com, pub-4593609181227091, DIRECT, f08c47fec0942fa0

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here